Sebuah Cerita dari The Coffe Memory

by - Senin, Desember 23, 2013




Judul buku : The Coffee Memory
Penulis  : Riawani Elyta
Penerbit : Bentang Pustaka
Jumlah hal. : vi + 226 halaman
Tahun terbit : 2013

Sinopsis

Komposisi: Cinta, Rindu, Candu, Perpisahan, Kopi
Cara Penyajian: Tuangkan rindu, candu, perpisahan, dan kopi ke dalam cangkir.
Tambahkan 180cc air cinta, aduk dan sajikan.

Saat aroma kopi itu menjauh,
Kusadari bahwa kau tak mungkin kutemui lagi
Seperti aromamu yang terempas oleh butir udara
Meninggalkanku dalam sunyi yang dingin

Sampai kusadari kau hadir
Menyergapku dalam diam
Mengembalikanku dalam kenangan
Dan menabur aroma yang sama dgn apa yg telah kutinggalkan
Ketika itulah aku pahami
Aku tak mungkin berpaling lagi


Awal yang mengharukan dimana Dania membawa kita pada kenangan-kenangan tentang kehidupan bahagianya dengan Andro –suaminya-. Semuanya mengalir indah sampai tergerus tawa yang pada akhirnya mengantarkan Andro pada kematian.

Dania harus mampu melawan dirinya sendiri untuk memerangi kebenciannya dengan hal yang berbau kopi, karena dari situ ia selalu teringat Andro yang selama ini menjadi andalanya untuk berdiri. Katjoe Manis, kafe kopi yang lebih diartikan Dania sebagai harapan Andro yang tersisa bersama karyawan-karyawan setianya menunggu untuk dibangkitkannya. Dan, tentunya ada Sultan buah cinta mereka yang harus terus tumbuh layak dengan curahan kasih sayang dan materi.

Tetapi, kehilangan barista terbaik dan pengelola seapik Andro,  juga omset yang terus menurun, memutuskan Dania harus berjuang sekuat tenaga dan tentunya mencari barista baru. Ia tidak rela jika harus menyerahkan Katjoe Manis untuk dijual kepada Redi –kakak Andro yang terkenal kelicikannya dalam berbisnis-. Dania tidak rela sampai kapan pun, jika harapan Andro yang tertuang lewat cafe itu harus hancur.
Barry, barista yang terpilih dari hasil seleksi khusus yang dilakukan Dania, mampu membawa era baru Katjoe Manis dengan senyawa yang menurut Dania seolah menghidupkan kenangan Andro. Tetapi, ada yang aneh dari Barry. Lelaki yang jujur saja, menarik di mata Dania itu seolah memiliki rahasia yang besar.  

Tantangan baru untuk Dania dan para karyawannya datang saat seseorang dari masa lalu Dania yang bernama Pram datang dan membuka kafe jenis serupa tidak jauh dari Kafe Katjoe Manis berdiri, yang bernama Bookafeholic, kafe ini jelas jauh unggul dalam brand karena merupakan kafe cabang yang telah terkenal. Beberapa karyawannya malah mulai tergiur untuk bergabung bersama Bookafeholic karena eksistensi dan gaji yang lebih menjanjikan. Pram juga tak sungkan-sungkan untuk mendekati Dania, seperti berharap melanjutkan hubungan yang sempat terputus. Memberikan segala perhatian dan dukungannya pada Dania sampai saat Katjoe Manis mengalami kebakaran parah yang cukup ganjil, mampukah Dania bangkit kembali menghidupkan harapan Andro? Lalu bagaimana dengan Barry yang tidak mau kalah menunjukan kesukaannya pada Dania? Barry, Pram atau memori tentang Andro yang terus hidup?

Membaca novel ini akan membuat wawasan anda bertambah. Mbak Riawani Elyta tidak hanya sukses menggambarkan situasi hati Dania dan kehidupannya, tetapi juga berhasil membawa kita pada sebuah makna bahwa kopi, bukan hanya minuman enak tanpa arti.

Dalam novel ini, anda akan merasakan esensi yang berbeda dari kopi, bagaimana kopi itu dibuat hingga merongrong penciuman anda, meminta untuk segera diteguk. Bagaimana cara anda untuk mempertahankan keyakinan anda dan bagaimana cara anda untuk tetap berdiri, menghargai semua orang yang menyanyangi dan mampu berada di samping anda. Banyak hal menyentak yang anda bisa dapat di dalamnya.

Tidak hanya itu, yang lebih menarik dan menjadi hint buat saya adalah nilai pelajaran dari bisnis yang diberikan. Novel ini, lengkap membungkusnya menjadi bacaan yang menarik dengan banyak pesan yang memikat. Sampul cover-nya yang menyerupai bungkus kopi, benar-benar nampak nyata ketika kita membukanya, butiran-butiran kopi akan menyambut anda dalam covernya, dan selanjutnya, anda akan terpuaskan dengan esensi kopi di tiap lembarnya.

You May Also Like

8 komentar

  1. Nggak ada cover bukunya yang mana Mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEmalam sinyalnya jelek, jadi baru diopload kkkk~~ terimakasih sudah berkunjung, Mak :)

      Hapus
  2. Wah, kebetulan saya juga sudah baca bukunya :)
    Sumpah keren..
    Reviewnya rapi dan lugas..

    Semoga menang ya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih. Novelnya memang keren dan menurutku ini bacaan yang cocok untuk lelaki ataupun perempuan.

      aamiin Terimakasih :)

      Hapus
  3. Wow, aku penyuka kpi dan selalu tertarik dengan cerita yang berhubungan dengan kopi. Ko ga difoto bukunya? pengin beli, apakah sudah ada di toko buku? Reviewnya keren, mak. Salam hangat, kunjungan pertama nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, setelah membaca novel ini, banyak fakta tentang kopi yang menyentak hati ternyata. KKkk~~ fotonya susah diupload, tapi akhirnya bisa juga.

      Sudah ada di toko buku kok, malah di beberapa toko buku jadi best seller -kalo tidak salah-

      Terimakasih. Silakan berkunjung kembali :)

      Salam ^_^

      Hapus
  4. Terima kasih ya reviewnya:-) semoga beruntung :-)

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak dengan komentar, kritik dan saran... mari berteman