Karena Ayah ingin Dikalahkan Anaknya

by - Minggu, Januari 19, 2014

Tulisan ini terinspirasi dari kernet bus yang menceritakan anaknya.



Ayah anda yang seperti apa? Yang nampak antusias dan menunjukan kebanggannya, acuh atau bahkan menganggap remeh saat anda mendapatkan suatu kemajuan..

Tik... Tok..

Setiap ayah yang bertanggung jawab pasti menyanyagi anaknya. Mereka bangga terhadap keberhasilan yang diperoleh anaknya. Tetapi mereka tidak selalu bisa menunjukannya.


Mungkin tidak menjadi masalah jika ayah nampak bahagia dengan apa yang kita peroleh. Tapi jika ayah nampak acuh dan bahkan melontarkan perkataan yang terkesan meremehkan apa yang kita raih, rasanya pasti sakit. Itu sih yang terkadang banyak menjadikan suatu kesalahpahaman antara anak dan ayah. Anak yang merasa tidak pernah dihargai oleh ayahnya.

Tapi, ketahuilah, terkadang ayah melakukan itu bukan tanpa sebab. Tapi terkadang ia canggung karena merasa tidak memfasilitasi anaknya hingga memperoleh prestasi tersebut. Kadang juga ayah ingin jika anaknya tidak mudah puas atas apa yang telah diraih anaknya.

           
Sesungguhnya, harapan terbesar ayah adalah untuk dikalahkan anaknya.



Kenapa saya bicara demikian. Coba selama ini, alasan yang membuat seorang suami bekerja begitu giat apa? Pasti anak-istri kan? Kenapa anak lebih didahulukan dibanding istri? Karena anak adalah harapan setiap orang tua dan demi anak jugalah mereka rela bekerja dari pagi hingga petang, bahkan mengambil kerja tambahan demi memperoleh uang untuk memfasilitasi kehidupan anak . Tapi terkadang kesalahannya terletak disini. Anak tak jarang malah menyalahartikannya sebagai wujud ketidakperhatian ayah.


Seperti yang telah saya ucapkan di awal postingan ini, jika tulisan saya kali ini terinspirasi dari seorang kondektur bis. Ada hal menarik yang saya kira perlu untuk dibagikan. Waktu itu, cuaca cukup mendung di pagi hari. Dan, seperti biasa saya harus menggunakan bus untuk sampai di kampus, karena nyali saya yang ciut jika harus mengendarai motor lagi. Pertama, kondektur itu menyebrangkan seorang Ibu ke arah berlawanan dengan keberadaan si penumpang yang hendak naik *jujur ini langka sekali* Lama... tidak ada yang menarik, hingga naiklah seorang anak kecil berkopiyah dan menggunakan baju koko.

Kodektur dari bis yang saya tumpangi nampak antusias untuk memulai pembicaraan. Ia menepuk bahu si anak kecil itu, “Tong, (Otong = Panggilan sayang untuk anak kecil dalam bahasa sunda)  mondok tah? Mondok dimana? Kelas baraha?” (Ikut pesantrenkah? Pesantren dimana?Kelas berapa?)

“Di xxxxx kelas 5” (saya lupa nama pondok pesantrennya)
 

“Anak si AA *menunjuk ke dirinya sendiri* oge mondok, saumuran jeung otong, kelas 5.”
(Anak AA juga ikut pesantren, seumuran sama adek, kelas 5) Kondektur itu menunjukan rasa bangganya dengan perkataan yang menggebu.


Supir Bis akhirnya ikut menimpali. “Enya tah? Dipasantrenkeun si xxxx?” (Iyakah? Xxx *nama anak si kondektur itu* dipesantrenin?)

“Nya, atuh... lamun anak mah kudu beda jeung kolotna. Lamis sholeh tur sukses, entong jiga bapakna. Nah, tong... makananya kabener dipondokna, kabener sakolana, kashaleh. Kudu karunya kak Mimih jeung Bapa tos nyakolakeun otong.”
(iyalah... anak sih harus beda sama orangtuanya. Supaya sukses dan shaleh, tidak seperti bapaknya. Nah, makannya, Nak... yang bener di pesantrennya, yang bener sekolahnya, yang shaleh. Harus kasian sama Ibu dan bapa yang udah nyekolahin)


Sungguh saya terenyuh mendenggar ucapan kondektur itu. Mungkin terdengar biasa, namun saya langsung teringat ayah saya. Ayah saya hampir tidak pernah mengucapkan kebanggannya untuk saya di depan, tapi beberapa hari sebelumnya saya tahu jika ayah mengutarakan kebanggannya terhadap saya kepada sepupu saya yang jauh, saya sampai kaget pas denger cerita sepupu saya karena di depan saya, ayah nampak acuh meskipun jika di telpon kita selalu memanggil ‘sayang’. Dan yang lebih membahagiakan lagi, dia rentet menceritakan kebaikan saya dari jaman yang sampai saya sudah lupa hingga sekarang.  Mungkin ayah saya juga menceritakannya dengan begitu menggebu seperti kondektur tadi? Saya mengira-ngira, sampai tak terasa dengan tidak elitnya, air mata saya terjun bebas. 

Jujur, saya sering mengeluhkan kegilakerjaan ayah, contohnya bulan ini, ia diberikan libur sekitar 3 minggu setelah tugas di Dumay, tapi apa yang ia lakukan? Sampai di rumah tiga hari istirahat, ia memilih ikut bekerja di tempat yang lain sambil menunggu hari libur. Dan saya yakin, itu semua bukan karena memang ayah yang pada dasarnya nggak mau diem kalau di rumah juga. Saya yakin ayah saya pasti ingin mendapatkan penghasilan yang lebih untuk memfasilitasi saya dan saudara-saudara saya.

Masalah ketidakdekatan dengan ayah belakangan ini, saya sering tukar cerita dengan teman. Rata-rata juga sama, ayah mereka nampak kurang dekat dan nggak perhatian padahal sewaktu kecil, ayah selalu terasa ada dan dekat, saya rasa itu alasannya, karena semakin besar kita, maka semakin ingin pula orangtua memfasilitasi kita dengan kehidupan yang lebih agar kesuksesan mudah terjamah oleh kita. Mungkin dengan gila bekerja atau agak acuh karena permasalahan dan kekhawatiran yang tidak ia sampaikan juga membuat kerenggangan itu ada.

Oh ya, kembali ke kondektur tadi.  Setelah mengelap air mata, saya mendongak dan melihat kondektur itu. Anda tau penampilannya? Ada bekas tindikan di kupingnya, pakaiannya agak seperti preman. Tapi apa? Dia tetap ingin anaknya sukses. Bahkan ia ingin anaknya mengalahkan kesuksesannya. Dan, ia ingin anaknya shaleh, bisa beranfaat untuk banyak orang.

Ini jadi mengingatkan saya kepada ayah lagi. Sewaktu saya ingin memilih jurusan, Ayah bersikeras mempertahankan cita-cita saya sebagai akuntan, tetapi ibu saya menyarankan memilih jurusan keguruan karena kemudahannya nanti dalam membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Tau alasan ayah? Beliau mengatakan, sayang banget kan kamu bisa sukses jadi akuntan, kerja enak di ruangan yang nyaman, profesi yang keren bla bla bla... dan lagi... lagi... saya dapat menyimpulkan jika ayah ingin anaknya untuk mengalahkannya. Ayah ingin anaknya lebih hebat daripadanya.


Tidak selalu dengan pujian yang mendorong, rasa cuek dan bahkan kadang seolah meremehkan apa yang telah kita raih itu adalah wujud dari rasa ingin dikalahkan.

You May Also Like

10 komentar

  1. setuju, mbak....
    saya juga jadi inget kata2 almarhum ayah saya, yang kurang lebih seperti ini, "seorang anak harus lebih baik daripada orangtuanya..."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kira-kira seperti itu, karena saking sayangnya orang tua hingga selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya.

      Terimakasih sudah berkunjung dan berbagi. Salam kenal ^_^

      Hapus
  2. Subhanallah..
    Jadi teringat bapak dirumah..

    Saya rasa, pantas jika kondektur ini, tetap akan terus berusaha yang terbaik untuk anaknya. Maka wajar meskipun agak preman beliau terus berusaha....

    Salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terkadang hal kecil yang kita dapat dari pengalaman nggak sengaja itu berdampak luar biasa,

      Setiap orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anaknya, kondektur itu juga sepertinya nggak seburuk penapilannya sekarang, karena ia juga sudah tidak menggunakan anting lagi, dan mungkin itu mulai dirubahnya karena takut anaknya malu.


      Salam balik. Terimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  3. setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya..
    hmmm... seorang ayah sepertinya memang sulit mengekspresikan perasaannya di depan anak nya sendiri. tapi di depan orang lain, pasti dengan bangganya dia menyebut nama anaknya.

    ehem. kayaknya template baru nih. makin kece :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Mia.
      Sudah kerasa dan jadi tau, bisa jadi bahan renungan nanti kalo udah jadi istri juga. kkk~

      Hi Hi Hi iya, duuuh tau aja, Mbak. Ini ada yang bantuin bikin template-nya kkk~
      Terimakasih sudah berkunjung, Mbak.


      Salam ^_^

      Hapus
  4. Uwaaaa
    aku envy sama tempaletmu deh~
    suka bangeeeeeeeet :D

    kalo aku lumayan deket sama ayahku~
    soalnya ayahku itu orangnya terbuka banget, suka nunjukin perhatiannya. Misalnya aku waktu sakit yang ngurusin malah ayah bukan ibuku. kekekeke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Hi Hi alhamdulillah ada yang menawarkan diri buat bantuin bikin template-ku kkk~
      Tapi, konsep nama dan warna merah itu dia biarkan aku untuk yang memilih... kkk~ enak banget kan?


      Iya, gitu Mbak... alhamdulillah... tapi kebanyakan ayah nggak kaya gitu u.u

      Hapus
  5. sepertinya semua ayah seperti itu ,, jika kita mampu mengalahkannya sungguh bangganya dia

    BalasHapus
  6. Iya, makannya yuuuk sama-sama mengalahkan Ayah :)

    Agar beliau bahagia :)

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak dengan komentar, kritik dan saran... mari berteman